Fotografi Macro adalah teknik pengambilan foto objek dalam jarak yang sangat dekat, untuk mendapatkan detil objek yang berukuran sangat kecil (kurang dari 2 cm). Pengambilan foto macro biasanya dilakukan dengan kamera DSLR, dengan menggunakan lensa khusus yang biasanya harganya bisa dibilang sangat mahal. Dengan berkembangnya kamera pada handphone maupun smartphone, apakah pengambilan foto dengan teknik macro ini bisa dilakukan dengan kamera hp? Jawabannya adalah sangat bisa.
Untuk bisa mengambil foto macro dengan kamera hp, diperlukan syarat-syarat yang harus dipenuhi.
Syarat wajib yang harus dipenuhi adalah pemakaian lensa tambahan, yang biasa disebut lensa macro, yang khusus digunakan untuk hp. Lensa macro ini sudah banyak tersedia di pasaran. Atau bisa juga menggunakan lensa bekas kamera roll.
Pemakaian lensa macro ini sangat mudah. Untuk lensa yang beli di pasaran, biasanya ada penempel magnetnya. Jadi tinggal tempelkan lensa di belakang lensa kamera hp anda. Kamera hp pun siap untuk dibuat pengambilan foto macro.
TIPS PENGAMBILAN FOTO MACRO DENGAN KAMERA HP
Lensa Macro
Pastikan lensa anda tertempel sempurna di belakang lensa hp anda. Pastikan juga lensa bersih dari debu, minyak, atau kotoran-kotoran yang lain. Jika lensa anda kotor, bersihkan.

Settingan pada Kamera Hp

Atur focus pada mode infinite, atau kalau hp anda tidak mempunyai fitur infinite, bisa memakai mode landscape. Intinya matikan mode auto focus pada hp anda.
Untuk metering mode, pilih mode spot. Agar pencahayaan bisa terpusat ke area yang dituju saja (abaikan metering mode jika hp anda tidak mendukung fitur ini).
Setting resolusi kamera anda pada resolusi tertinggi. Ini berguna saat anda melakukan edit cropping. Hasil foto tidak akan pecah waktu dicropp.

Pencarian Focus
Inti foto macro adalah detil focus. Karena kita sudah memakai lensa macro, maka untuk mendapatkan focus yang tepat kita dapat mencarinya dengan mengatur jarak ke objek. Lensa macro mempunyai jarak titik focus tertentu. Carilah titik focus tersebut dengan memaju mundurkan hp. Dengan memaju mundurkan hp ini, bisa ditemukan titik focus yang tepat.
Inilah fungsi setting mode infinite pada hp. Fokus ditentukan dengan mengatur jarak dengan objek. Jika focus sudah didapatkan, pencet sutter kamera hp anda. Mudah bukan?

Pencahayaan
Pastikan pencahayaan ke objek mencukupi

Pencahayaan yang paling pas adalah pencahayaan alami dari cahaya matahari.
Pilih waktu yang tepat, untuk mendapatkan pencahayaan yang pas.
Pencahayaan ini sangat berpengaruh pada hasil akhir foto macro anda.
Jika perlu googling masalah pencahayaan pada fotografi untuk bisa mendapatkan keterangan yang lebih detil.

Kestabilan Tangan
Hindari getaran sedikit apapun pada tangan anda saat memotret. Miss focus atau focus yang meleset adalah malapetaka pada fotografi macro.
Untuk kestabilan tangan bisa diusahakan dengan tips-tips berikut :

Tahan nafas beberapa detik sampai anda memencet sutter kamera hp.
Sandarkan kedua siku atau salah satu siku ke benda2 kokoh di sekitar anda. Bisa tembok, batang pohon, dahan, dan lain-lain. Kedua siku yang bersandar bisa meredam getaran tangan, dan menggantikan fungsi tripod.

Editing

Cropping
Lakukan cropping untuk memperkuat efek macro pada foto anda. Hati-hati dalam melakukan cropping. Cari batas maksimal cropping, agar foto tidak pecah.
Saat melakukan cropping, anda juga bisa mengatur komposisi foto. Letakkan objek pada RoT. Karena walaupun foto macro, kita harus tetap memperhatikan komposisi dan aturan-aturan fotografi yang ada.
Perbaiki contras dan brightness secukupnya.
Perbaiki saturasi secukupnya.
Bila perlu tambah sharpness untuk mempertajam detil foto.

Sabar dan tetaplah mencoba
Memotret macro, apalagi dengan kamera hp harus memiliki kesabaran ekstra, karena pengambilan foto harus dilakukan sedekat mungkin dengan objek. Apalagi objek yang kita foto adalah serangga atau hewan -hewan kecil lainnya, yang kadang tidak mudah untuk mendapatkan moment diam mereka.
Terus mencoba, jangan pernah menyerah. Karena dengan terus mengasah kemampuan anda, hasil foto yang tercipta pun akan semakin menakjubkan. Ingat kadang moment tidak datang dengan sendirinya, moment perlu dicari dan diciptakan.
Hasil kesabaran dan jerih payah anda akan terbayar dengan terciptanya karya-karya macro mengagumkan hanya dari kamera hp anda.

Berikut adalah tips untuk foto macro serangga

Lakukan di pagi hari antara matahari terbit sampai sekitar jam 9 pagi. Selain pencahayaan matahari masih sangat soft, serangga pada jam-jam tersebut masih jinak dan belum terlalu agresif, sehingga kita bisa leluasa untuk bisa mengambil foto mereka.
Hindari angin yang bertiup, karena objek yang bergerak walaupun sedikit akan menyulitkan kita. Pergerakan sedikit pada objek maupun tangan kita berarti miss focus.
Berjalanlah hati-hati, atau bila perlu mengendap-endap. Jangan melakukan gerakan yang mengejutkan, atau serangga yang anda incar akan lari.
Jeli dan teliti, karena objek macro berukuran sangat kecil. Dituntut kejelian kita untuk bisa menemukan keberadaan mereka. Kadang kalau tidak teliti, serangga yang sudah ada di depan kita tidak terlihat, dan lewatlah moment yang kita tunggu-tunggu.
Kalau serangga sudah bisa dipotret, ambil gambar berkali-kali, dengan angle yang berbeda. Sehingga kita bisa memilih dan menentukan foto yang benar-benar perfect.
http://coferone.blogspot.com/2012/12/fotografi-macro-menggunakan-kamera_1.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s