Kali ini saya mau menulis artikel tentang flash, lebih tepatnya lagi mungkin sebuah tutorial sederhana. buat temen-temen yang mau belajar flash atau mungkin lagi ada tugas dari gurunya , mungkin artikel atau tutorial ini dapat sedikit membantu teman-teman.

pada tutorial flash kali ini saya akan menulis tentang bagaimana cara berpindah dari file1 ke fil2 atau file to file dengan menggunakan actionscript.

Baiklah.. Pertama-tama, yang kita harus lakukan adalah meng-install flash, baik macromedia maupun adobe .., wahiilaah terlalu jauh kalo dari sini -_- hehehe, ya , yang paling utama adalah memang teman teman harus memiliki software adobe flash/macromedia flash.

1 . membuat lembar kerja baru dengan cara pilih menu file > New > lalu pilih File Flash (ActionScript 2.0) > OK

flash 1

2 . setelah muncul lembar kerja, buatlah suatu objek untuk dijadikan button , contoh : saya disini membuat objek segi empat dengan menggunakan rectangle Tool

2

3 . Convert persegi tersebut menjadi button dengan cara klik kanan persegi > Convert to symbol, maka akan muncul kotak Conver to Symbol lalu pilih Button. bisa diberi nama tau tidak, terserah teman-teman.

3

4

4 . maka persegi yang tadi akan menjadi button , lau beri tulisan, terserah teman-teman, disini saya memberi tulisan PINDAH.

6

5 . untuk memberi effect button bisa teman-teman klik dua kali persegi, klik kanan di frame Over lalu ganti warna persegi sesuai kemauan teman-teman.

flash 2

6 . Setelah diberi Effect langkah berikutnya adalah membuat file baru , seperti awal yaitu klik menu File > new > lalu pilih File Flash (ActionScript 2.0) > OK
Buatlah Objek yang teman teman inginkan, disini saya membuat bentuk persegi yang lebih besar.

9

7 . Save file kedua dengan nama latihan2 , jangan lupa putar terlebih dahulu file kedua dengan cara tekan tombol Ctrl + Enter ,  maka file .swf akan muncul secara otomatis, maka menjadi latihan2.swf.

flash 3

8 . kembali ke file pertama , beri script persegi/botton yang telah dibuat, dengan cara klik kanan button > pilih Actions, atau tekan F9 maka akan muncul kotak untuk teman-teman menulis script.

7

Taruh script seperti ini untuk pindah ke file kedua :
on (release) {
loadMovie(“latihan2.swf”,1);

}

8

9 . langkah berikutnya adalah save file pertama dengan nama latihan1
lalu test. sebaiknya file latihan1 dan file latihan2 ditaruh dalam 1 folder.

Selamat mencoba ^_^

Mohon maaf bila ada kesalahan dalam mempublish , disini kita sama sama belajar, MUST BE GENIUS N CREATIVE!

Thanks ^_^

Penulis: Deden Deestya Setia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s